MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI INTERAKSI SOSIAL MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DI KELAS VII-E SMP NEGERI 1 KALIJATI
Keywords:
Interaksi Sosial, Hasil Belajar, Interaksi Sosial dan IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi interaksi sosial melalui penerapan model pembelajaran two stay two stray di kelas VII-E SMP Negeri 1 Kalijati. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2018-2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi interaksi sosial dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran two stay two stray. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas VII-E SMP Negeri 1 Kalijati dengan dua siklus tindakan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-E yang berjumlah 32 orang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Dimana hasil tes siklus I mencapai rata-rata sebesar 71,56 dengan tingkat persentase kelulusan 53,13% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,31 dengan tingkat persentase kelulusan 90,63%.