MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK DENGAN TEKNIK SUPERVISI KELOMPOK DI SD NEGERI EKANUGRAHA KABUPATEN SUBANG

Authors

  • NENG ONENG SURYAMAH SD Negeri Ekanugraha

Keywords:

Supervisi Akademik, Supervisi Kelompok, Profesionalisme Guru

Abstract

Kenyataan yang terjadi di SD Negeri Ekanugraha, ditemukan fenomena, Guru yang sudah lulus sertifikasi dan mendapatkan gelar guru professional belum meningkatkan kinerjanya dan belum bisa merealisasikan gelarnya tersebut. Guru belum mengoptimalkan media teknologi informasi untuk mendukung kegiatan belajar dan masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah. Jarangnya guru yang melakukan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas dan penyusunan perangkat pembelajaran yang belum baik. Guru belum menerapkan model pembelajaran yang inovatif, menarik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme guru melalui penerapan supervisi akademik dengan teknik supervisi kelompok di SD Negeri Ekanugraha Kabupaten Subang. Subjek penelitian adalah guru SD Negeri Ekanugraha yang berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan analisis dokumentasi. Aspek-aspek yang disupervisi adalah Kemampuan merencanakan program belajar mengajar, Menguasai bahan pelajaran, Melaksanakan/mengelola proses belajar mengajar, Menilai kemajuan proses belajar mengajar (Kunandar, 2007:45), 2). Berdasarkan pengolahan  data  dan  pembahasan  didapatkan  kesimpulan  sebagai  berikut:  Pada  aspek profesionalisme  guru  didapatkan  pada  siklus  I  sebesar  60%  dengan  kategori  dukup  baik  dan  pada  siklus  II meningkat menjadi 89% dengan kategori sangat baik.

Downloads

Published

2021-03-19

How to Cite

ONENG SURYAMAH, N. . (2021). MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK DENGAN TEKNIK SUPERVISI KELOMPOK DI SD NEGERI EKANUGRAHA KABUPATEN SUBANG. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 4(1), 52–59. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/1029