MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK DENGAN TEKNIK SUPERVISI KELOMPOK DI SD NEGERI EKANUGRAHA KABUPATEN SUBANG
Keywords:
Supervisi Akademik, Supervisi Kelompok, Profesionalisme GuruAbstract
Kenyataan yang terjadi di SD Negeri Ekanugraha, ditemukan fenomena, Guru yang sudah lulus sertifikasi dan mendapatkan gelar guru professional belum meningkatkan kinerjanya dan belum bisa merealisasikan gelarnya tersebut. Guru belum mengoptimalkan media teknologi informasi untuk mendukung kegiatan belajar dan masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah. Jarangnya guru yang melakukan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas dan penyusunan perangkat pembelajaran yang belum baik. Guru belum menerapkan model pembelajaran yang inovatif, menarik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme guru melalui penerapan supervisi akademik dengan teknik supervisi kelompok di SD Negeri Ekanugraha Kabupaten Subang. Subjek penelitian adalah guru SD Negeri Ekanugraha yang berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan analisis dokumentasi. Aspek-aspek yang disupervisi adalah Kemampuan merencanakan program belajar mengajar, Menguasai bahan pelajaran, Melaksanakan/mengelola proses belajar mengajar, Menilai kemajuan proses belajar mengajar (Kunandar, 2007:45), 2). Berdasarkan pengolahan data dan pembahasan didapatkan kesimpulan sebagai berikut: Pada aspek profesionalisme guru didapatkan pada siklus I sebesar 60% dengan kategori dukup baik dan pada siklus II meningkat menjadi 89% dengan kategori sangat baik.