PENGINTEGRASIAN TRI PUSAT PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK DI SD NEGERI SUKAJAYA BLANAKAN
Keywords:
Pengintegrasian, Tri Pusat Pendidikan, PembelajaranAbstract
Penelitian dilakukan dengan tujuan mengetahui : (a) peran Sekolah dalam pembelajaran pesera diditk, (b) peran keluarga dalam pembelajaran peserta didik, (c) peran masyarakat dalam pembelajaran peserta didik, dan (d) tanggapan stakeholders terhadap Pengintegrasian Tri Pusat Pendidikan di SD Negeri Sukajaya Blanakan Subang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang didesain ke dalam model Kemmis dan Taggart dengan dua siklus kegiatan. Subjek penelitian yang dijadikan sumber untuk memperoleh data adalah sebanyak 20 orang meliputi guru sebanyak 2, masyarakat 12 orang dan orang tua 6 orang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut : (a) peran sekolah dalam pembelajaran pesera diditk di SD Negeri Sukajaya Blanakan Subang, dapat dikualifikasikan baik sampai dengan sangat baik, (b) peran keluarga dalam pembelajaran peserta didik Di SD Negeri Sukajaya Blanakan Subang, dapat dikualifikasikan baik sampai dengan sangat baik, (c) peran masyarakat dalam pembelajaran peserta didik di SD Negeri Sukajaya Blanakan Subang, dapat dikualifikasikan baik sampai dengan sangat baik, (d) tanggapan stakeholders terhadap Pengintegrasian Tri Pusat Pendidikan di SD Negeri Sukajaya Blanakan Subang, dapat dikualifikasikan positif dan partisipatif. Disarankan : (a) sekolah dalam dalam hal ini kepala sekolah dengan guru dalam melakukan kegiatan persekolahan hendaknya lebih banyak lagi melibatkan masyarakat secara proporsional dengan tidak membedakan status sosialnya, (b) masyarakat lebih diberi kesempatan untuk menemukan dan menerapkan ide-idenya, dan kepala sekolah lebih banyak memposisikan dirinya sebagai fasilitator, (c) keluarga atau orang tua peserta didik lebih banyak dilibatkan dalam peningkatan mutu pembelajaran peserta didik di sekolah, (d) kebijakan sekolah diharapkan mendukung dan memotivasi masyarakat untuk mengapresiasi program pendidikan yang ada di sekolah.