Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Zakat dengan Metode Proyek

Authors

  • Eros Rosmini SDN Rahayu Subang

Keywords:

Prestasi Belajar, Metode Proyek

Abstract

Kurangnya guru dalam menerapkan metode pembelajaran di kelas berpengaruh ter-hadap aktivitas peserta didik sehingga prestasi belajar peserta didik banyak yang belum mencapai KKM yang telah ditentukan. Dengan kondisi di atas memotivasi peneliti untuk mencari solusi dengan menerapkan metode proyek, karena metode ini adalah salah satu model pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk ikut aktif dalam pembelajaran berlangsung, model pembelajaran ini juga menguji pemahaman peserta didik dengan suasana belajar yang menyenangkan.Rumusan masalah yang di ajukan adalah “Apakah penggunaan metode proyek, dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VI di SDN Rahayu Subang?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus yang tahapannya meliputi : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penlitian ini adalah peserta didik kelas VI SDN Rahayu Subang. Teknik penggumpulan data menggunakan observasi/pengamatan, tes, wawancara dan dokumentasi. Data di analisis secara PTK deskriptif analitis. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar pesrta didik mengalami peningkatan yakni dengan jumlah siswa 22 siswa yang tuntas 17 siswa (72,27%), sedangkan yang tidak tuntas 5 siswa  (27,73%).  Selanjutnya pada siklus ke tiga dengan siswa 22 siswa yang tuntas 19 siswa (86,36%) sedangkan yang tidak tuntas 3 siswa (13,64%). Berdasarkan hasil penlitian dapat di simpulkan bahwa metode proyek, dapat meningkatkan prestasi beajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VI SDN Rahayu Tahun Pelajaran 2018/2019.

Downloads

Published

2021-03-30

How to Cite

Rosmini, E. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Zakat dengan Metode Proyek. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 4(1), 128–133. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/1046