Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Pokok Bahasan Zakat Fitrah melalui Metode Pembelajaran Mind Mapping pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Isroq Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang Tahun Pelajaran 2018/2019
Keywords:
Hasil Belajar, Mind Mapping, Zakat FitrahAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang dilaksanakan di MI Al-Isroq Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang, terdiri dari 2 siklus dan di setiap siklus terdapat 2 pertemuan dengan menggunakan 4 tahap yaitu Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi. Penelitian ini dilakukan karena masih ada siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketentuan Materi (KKM). Hal itu disebabkan karena siswa kurang aktif dalam proses pembelajara, penggunaan strategi dan metode pembelajaran yang kurang efektif dan variatif sehingga siswa kurang bersemangat dan menjadi sedikit bosan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran fiqih pokok bahasan zakat fitrah kelas IV MI Al-Isroq Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar mata pelajaran fiqih pokok bahasan zakat fitrah setelah menggunakan metode Mind Mapping di kelas IV MI Al-Isroq Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang?. Hasil penelitian menunjukan peningkatan hasil belajar siswa pokok bahasan Zakat fitrah pada mata pelajaran Fiqih kelas IV MI Al-Isroq Kecamatan Cisalak kabupaten Subang dengan menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping yaitu dengan melihat tingkat ketuntasan belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada pra siklus sebelum menerapkan metode pembelajaran Mind Mapping memperoleh persentase ketuntasan sebesar 46% (kategori kurang) dengan rata-rata hasil belajar siswa 70,36, kemudian pada siklus I mengalami peningkatan persentase ketuntasan menjadi 82% (kategori baik) dengan rata-rata hasil belajar siswa 81,61 dan pada siklus II terjadi peningkatan lagi dengan perolehan persentase ketuntasan 93% (kategori sangat baik) dengan rata-rata hasil belajar siswa 88,66.