MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI PERDAGANGAN INTERNASIONAL MAPEL IPS DI DUNIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY-INQUIRY DI KELAS IX I SMPN 1 SAGALAHERANG
Keywords:
Discovery-Inquiry, Kemampuan Memahami dan IPS, Perdagangan InternasionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa memahami materi Perdagangan Internasional melalui penerapan model pembelajaran Discovery-Inquiry pada siswa Kelas IX I SMPN 1 Sagalaherang. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX I SMPN 1 Sagalaherang yang berjumlah 33 siswa.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi Perdagangan Internasional dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Discovery-Inquiry di kelas IX I. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil post test siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil rata-rata post test siklus I mencapai 71,21 dengan ketuntasan 51,52% dan pada siklus II hasil rata-rata post test meningkat menjadi 86,06 dengan ketuntasan 93,94%.