PENGGUNAAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 3 RANCAEKEK

Authors

  • Euis Hasanah SMP Negeri 3 Rancaekek, Bandung, Jawa Barat

Keywords:

Hasil Belajar, Keaktifan, Realistic Mathematics Education (RME)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan; apakah pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada materi PLSV?. Keberhasilan dalam penelitian ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar yakni sebesar 72,38 dengan ketuntasan klasikal 76,19% dan peningkatan persentase keaktifan belajar matematika pada setiap siklusnya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitiannya adalah peserta didik kelas VII-B SMP Negeri 3 Rancaekek dengan jumlah 30 peserta didik. Data diperoleh dengan metode observasi, dokumentasi dan tes. Setelah itu, data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan dihitung rata-rata nilai, persentase keaktifan dan ketuntasan belajar. Disimpulkan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 4,53 poin. Hasil belajar peserta didik telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Ketuntasan belajar peserta didik meningkat sebesar 14,29%. Pada aspek keaktifan belajar, terdapat peningkatan persentase sebesar 13%. Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dinilai dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Published

2021-11-03

How to Cite

Hasanah, E. (2021). PENGGUNAAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 3 RANCAEKEK. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 4(2), 183–192. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/1172