MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM PERMAINAN BOLA TANGAN MELALUI PENERAPAN MEDIA BALON DI KELAS III SDN RANCAMANGGUNG

Authors

  • Karsa Supriatna

Keywords:

keterampilan siswa, media balon, permainan bola tangan, penjas

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam materi permainan bola tangan melalui penerapan media balon di kelas III SDN Rancamanggung. Model PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Stephen Kemmis dan Robin Mc. Taggart. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Pada setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan awal adalah pembelajaran secara utuh dan 1 pertemuan terakhir adalah tes evaluasi dengan target nilai rata-rata kelas atau ketuntasan minimal, yaitu 70. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Rancamanggung yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan siswa dalam materi permainan bola tangan dapat dilakukan dengan menerapkan media balon. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan tes keterampilan siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil test siklus I mencapai nilai rata-rata sebesar 68,75 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 60% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,50 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 90%.

Downloads

Published

2022-10-29

How to Cite

Supriatna, K. . (2022). MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM PERMAINAN BOLA TANGAN MELALUI PENERAPAN MEDIA BALON DI KELAS III SDN RANCAMANGGUNG. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 5(2), 176–184. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/1450