PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENERAPKAN NILAI-NILAI PERSATUAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH

Authors

  • Amin Amin SD Negeri Sukamandi I

Keywords:

kemampuan siswa, model pembelajaran scramble, menerapkan nilai-nilai persatuan, lingkungan sekolah

Abstract

Rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah kemampuan siswa kelas VI  dalam menerapkan nilai-nilai persatuan di lingkungan sekolah masih rendah. Dengan demikian : “Bagaimanakah penerapan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VI  SD Negeri Sukamandi I semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dalam menerapkan nilai-nilai persatuan di lingkungan sekolah?”. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VI  SD Negeri Sukamandi I semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dalam menerapkan nilai-nilai persatuan di lingkungan sekolah melalui penerapan model pembelajaran scramble. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam menerapkan nilai-nilai persatuan di lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran scramble. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prestasi belajar dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil post test siklus 1 mencapai nilai rata-rata 68,13 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 56% dan pada siklus 2 meningkat nilai rata-rata post test menjadi 80,63 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 87,50%. Jadi prestasi belajar mengalami peningkatan sebesar 12,50 (18,35%).

Downloads

Published

2022-11-07

How to Cite

Amin, A. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENERAPKAN NILAI-NILAI PERSATUAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 5(2), 283–293. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/1463