MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI MENGENAL SATUAN DEBIT MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)
Keywords:
Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, , Numbered Heads Together (NHT)Abstract
Mengenal Satuan Debit melalui penerapan Model model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VI SD Negeri Sukamandi I Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Subyek penelitian terdiri dari 18 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 pertemuan , pada 2 pertemuan awal pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 66,67 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 82,78. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 16,11 (24,16%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Sukamandi I Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 pada materi Mengenal Satuan Debit.