MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI MENGENAL SATUAN DEBIT MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)

Authors

  • AMIN AMIN SD Negeri Sukamandi I Kec. Sagalaherang Kab. Subang

Keywords:

Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, , Numbered Heads Together (NHT)

Abstract

Mengenal Satuan Debit melalui penerapan  Model model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VI  SD Negeri  Sukamandi I Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Subyek penelitian terdiri dari 18 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 pertemuan , pada 2 pertemuan awal pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 66,67 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 82,78. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 16,11 (24,16%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Sukamandi I Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 pada materi Mengenal Satuan Debit.

Downloads

Published

2018-03-15

How to Cite

AMIN, A. (2018). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI MENGENAL SATUAN DEBIT MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT). JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/233