MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MATERI ORGAN PENCERNAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING
Keywords:
Cooverative Learning, hak dan kewajiban, kemampuan siswa Mind MappingAbstract
Prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Dayeuhkolot II dalam Materi Organ Pencernaan ternyata jauh dari yang diharapkan. Dari hasil ulangan harian pada materi yang telah dipelajari sebelumnya tersebut masih rendah, ternyata hanya 5 siswa (25,00%) dari 20 siswa yang dinyatakan lulus, dan 15 siswa lainnya (75,00%) dinyatakan belum lulus KKM sekolah sebesar 68,, karena siswa belum bisa memanfaatkan hak dan melaksanakan kewajibannya dengan baik dan benar. Rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah kemampuan siswa kelas V dalam memahami Materi Organ Pencernaan masih rendah. Dengan demikian : “Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V SD Negeri Dayeuhkolot II semester Ganjil tahun pelajaran 2021/2022 dalam memahami Materi Organ Pencernaan?”. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas V SD Negeri Dayeuhkolot II semester Ganjil tahun pelajaran 2021/2022 dalam memahami Materi Organ Pencernaan melalui penerapan model pembelajaran Mind Mapping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam memahami Materi Organ Pencernaan dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil post test siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil post test siswa pada siklus 1 mencapai nilai rata-rata sebesar 67,50 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 55,00% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 82,50 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 90,00%. Jadi nilai post test siswa mengalami peningkatan sebesar 14.