MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI MENGUBAH PECAHAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas V SD Negeri Dayeuhkolot I)

Authors

  • DEDEH KURNIASARI SD NEGERI DAYEUHKOLOT II

Keywords:

Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Student Teams-Achievement Division (STAD)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya melalui penerapan  Model model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) pada siswa kelas V  SD Negeri  Dayeuhkolot II Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Subyek penelitian terdiri dari 15 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 pertemuan , pada 2 pertemuan awal pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 68,67 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 79,67. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 11,00 (16,02%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Dayeuhkolot II Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang semester genap tahun pelajaran 2016/2017 pada materi Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya

Downloads

Published

2018-03-15

How to Cite

KURNIASARI, D. (2018). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI MENGUBAH PECAHAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas V SD Negeri Dayeuhkolot I). JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/236