MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI SUB TEMA SUHU DAN KALOR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE
(Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas V SD Negeri Pasir Indah Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022)
DOI:
https://doi.org/10.35569/jpg.v5i2.1477Keywords:
Example non Example, Cooverative Learning, Hak dan Kewajiban, Kemampuan SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Sub Tema Suhu dan Kalor ternyata jauh dari yang diharapkan. Dari hasil ulangan harian pada materi yang telah dipelajari sebelumnya tersebut masih rendah, ternyata hanya 5 siswa (25,00%) dari 20 siswa yang dinyatakan lulus, dan 15 siswa lainnya (75,00%) dinyatakan belum lulus KKM sekolah sebesar 69, karena siswa belum bisa memanfaatkan hak dan melaksanakan kewajibannya dengan baik dan benar. Rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah kemampuan siswa kelas V dalam memahami Sub Tema Suhu dan Kalor masih rendah. Dengan demikian : “Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan kemampuan siswa Kelas V SD Negeri Pasir Indah semester Genap tahun pelajaran 2021/2022 dalam memahami Sub Tema Suhu dan Kalor?”. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa Kelas V SD Negeri Pasir Indah semester Genap tahun pelajaran 2021/2022 dalam memahami Sub Tema Suhu dan Kalor melalui penerapan model pembelajaran Example Non Example. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam memahami Sub Tema Suhu dan Kalor dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Example Non Example. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil post test siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil post test siswa pada siklus 1 mencapai nilai rata-rata sebesar 67,50 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 55,00% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 82,50 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 90,00%. Jadi nilai post test siswa mengalami peningkatan sebesar 14.