MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR AND SHERE) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Authors

  • ENUNG SUKAESIH SD Negeri Giri Aji

Keywords:

Pembelajaran PKn di SD, Model Pembelajaran Kooperative Tipe TPS.

Abstract

Penelitian  ini dilaksanakan di SDN Giri Aji karena melihat hasil belajar PKn di SDN Giri Aji yang belum optimal. Proses pembelajaran yang monoton, perolehan hasil belajar siswa masih rendah,dan aktivitas siswa dalam pembelajaran bersifat pasif. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui motivasi siswa kelas V SDN Giri Aji Kecamatan Ciater Kabupaten Subang selama  pembelajaran PKn pada materi Memahami peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah.   menggunakan media pembelajaran lingkungan, 2) Mengetahui hasil belajar siswa kelas V SDN Giri Aji Kecamatan Ciater Kabupaten Subang pada pokok Memahami peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah.   setelah menggunakan Model Pembelajaran Kooperative Tipe TPS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya Model Pembelajaran Kooperative Tipe TPS pada materi pokok Memahami peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah dalam mata pelajaran PKn di kelas V menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 70,94 pada siklus I dan sebesar 81,77 pada siklus II. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 10,83 ( 15,53% ). Kesimpulan penelitian ini bahwa Model Pembelajaran Kooperative Tipe TPS dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar pada pembelajaran PKn materi pokok Memahami peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah di kelas V SDN Giri Aji Kecamatan Ciater.

 

Downloads

Published

2018-03-15

How to Cite

SUKAESIH, E. (2018). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR AND SHERE) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/238