MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DALAM KEHADIRAN MENGAJAR DI KELAS MELALUI REWARD AND PUNISHMENT
(Penerapan di SDN Bojongloa Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang Tahun Ajaran 2019/ 2020)
Keywords:
Disiplin Guru, Reward and PunishmentAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mencari alternatif pemecahan masalah sebagai upaya meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran mengajar di kelas melalui penerapan Reward and Punishment. Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini, dicobakan tindakan berupa penerapan Reward and Punishment untuk para guru di SD Bojongloa Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang. Metode dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), suatu prosedur penelitian yang diadaptasi dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTS bersifat partisipatoris dengan menekankan tindakan dan refleksi, memperdalam pemahaman tindakan dan memperbaiki situasi pembelajaran secara praktis. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, karena pada siklus kedua, kedisiplinan guru dalam kehadiran dikelas pada proses belajar mengajar meningkat dan memenuhi indikator yang telah ditetapkan sebesar 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Reward dan Punishment efektif untuk meningkatkan disiplin kehadiran guru dikelas pada kegiatan belajar mengajar. Data yang diperoleh menunjukan bahwa setelah diadakan penerapan tindakan berupa Reward dan Punishment, guru yang terlambat lebih dari 6 menit adalah 0, dan guru yang terlambat kurang dari 10 menit sebanyak 2 orang guru. Penerapan Reward dan Punishment dapat meningkatkan disiplin guru hadir di kelas pada kegiatan belajar mengajar di SDN Bojongloa. Penerapan dalam penelitian melalui Reward dan Punishment untuk meningkatkan disiplin guru hadir di dalam kelas pada kegiatan belajar mengajar, dan guru melaksanakan tugas dengan disiplin dalam kehadiran dikelas sebagai bentuk pelayanan.