MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI SUB TEMA LINGKUNGAN SEKITAR RUMAHKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT
(Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas I SD Negeri Cijengkol Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022)
DOI:
https://doi.org/10.35569/jpg.v6i1.1636Keywords:
Kemampuan Siswa, Lingkungan Sekitar Rumahku, Model Pembelajaran Cooperative ScriptAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami sub tema lingkungan sekitar rumahku melalui penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script di kelas I SD Negeri Cijengkol semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam memahami sub tema lingkungan sekitar rumahku dapat dilakukan dengan menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Script. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil test siklus 1 nilai rata-rata mencapai 68,95 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 55,00% dan hasil test pada siklus 2 dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 83,13 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 91,67%. Jadi prestasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 14,16 dari siklus 1 ke siklus 2.