PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF BIJI-BIJIAN DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN AKTIFITAS SISWA KELAS I SDN ROSELA INDAH SUBANG

Authors

  • Nurjanah Nurjanah SDN Rosela Indah Subang

Keywords:

Aktivitas, Media Manipulatif, Tematik Integratif

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media manipulatif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas I SDN Rosela Indah Subang pada pemelajaran Tematik integratif. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini dalah guru dan siswa kelas I SDN Rosela Indah Subang. Siswa kelas I berjumlah 29 orang terdiri dari 11 laki-laki dan 18 perempuan. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan dokumen berupa hasi test setiap akhir siklus. Penelitian ini terbagi menjadi 2 siklus dengan 2 kali pertemuan pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalm aktitas guru aktifitas siswa dan hasil belajar siswa. Aktiitas guru meningkat dari 5 menjadi 95 dengan kategori sangat baik aktifitas siswa menngkat dari 75,8 menjadi 93,2. Sedangkan hasil belajar meningkat dari 72,42% menjadi 86,21%  ketuntasan klasikal

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Nurjanah, N. (2023). PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF BIJI-BIJIAN DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN AKTIFITAS SISWA KELAS I SDN ROSELA INDAH SUBANG. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 6(2), 213–220. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/1818