MENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MEMBUAT KERAJINAN DARI BAHAN LIMBAH MELALUI METODE DRILL DI KELAS VIII-B SMP NEGERI 5 SUBANG
Keywords:
Metode Drill, Keterampilan, Bahan LimbahAbstract
Seperti di sekolah-sekolah lainnya, pembelajaran di SMP Negeri 5 Subang masih banyak yang menggunakan metode konvensional yang memposisikan siswa pasif dan menunggu perintah dari guru. Pelajaran prakarya merupakan mata pelajaran yang lebih menuntut siswa bertindak aktif dan proaktif dalam upaya mengembangkan potensi dirinya. Oleh karenanya di dalam pembelajaran prakarya diperlukan satu metode yang memungkinkan siswa bekerja dan berbuat sesuatu untuk kepentingan belajarnya. Bahan limbah sebagai salah satu material yang ada dekat di sekitar keihdupan siswa dapat menjadi sumber yang produktif bagi perkembangan keterampilan siswa. Desain penelitian adalah peneilitan tindakan kelas berupa rangkaian kegiatan berkesinambungan, perencanaan, pelaksanaan/observasi dan refleksi. Berdasarkan interpretasi dari hasil analisis, dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa melalui metode drill dapat meningkatkan keterampilan siswa pada materi kerajinan dari bahan limbah di kelas VIII-B SMP Negeri 5 Subang.