MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINATNDENGAN MENGGUNAKAN MEDIA IT

Authors

  • ESIN KURAESIN SMPN 5 Subang

Keywords:

Pembelajaran IT, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Fakta di lapangan menunjukkan bahwa di SMP Negeri 5 Subang sampai saat ini, mata pelajaran matematika adalah salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit, bahkan peserta didik memandang bahwa matematika adalah sesuatu yang menakutkan, atau sebagai mata pelajaran yang sulit untuk diterima, dan membuat kepala pusing, oleh sebab itu dalam penyampaiannya diperlukan model yang tepat dan dapat diterima oleh peserta didik. Berdasarkan pemikiran di atas perlu segera ada langkah-langkah kongkrit guru mencari soslusi dengan menerapkan berbagai media pembelajaran sesuai kebutuhan. Karena dalam pembelajaran IT, masalah yang diberikan oleh guru dipersiapkan sedemikian rupa dengan memanfaatkan indera penglihatan dan pendengaran sehingga akan menimbulkan dampak informasi yang lebih lengkap terhadap peserta didik tentang materi yang dipelajari. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-A SMPN 5 Subang sebanyak 31, terdiri dari 29 peserta didik perempuan dan 2 peserta didik laki-laki. Penelitian bersifat penelitian tindakan (PTK), terdiri dari 2 siklus (tiap siklus terdiri dari dua pertemuan), masing-masing siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.   Dari hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa : bahwa penggunaan media  terbukti secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem koordinat di kelas 8 A SMP Negeri 5 Subang

Downloads

Published

2018-03-15

How to Cite

KURAESIN, E. (2018). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINATNDENGAN MENGGUNAKAN MEDIA IT. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/240