PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS TEKS NARRATIVE MELALUI MEDIA PICTURE SERIES DI KELAS IX A SMPN 5 SUBANG

Authors

  • TATI SRI HARTATI SMPN 5 SUBANG

Keywords:

Menulis Teks Narative, Picture Series

Abstract

Pembelajaran bahasa meliputi 4 aspek keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa yaitu mendengar ( listening ), berbicara ( speeking ), membaca ( reading ) dan menulis ( writing ).Obyek penelitian adalah siswa kelas IX A Semester 2 SMPN 5 Subang Tahun Pelajaran 2017-2018 dengan jumlah 5 siswa laki – laki dan 20 siswa perempuan. Total siswa adalah 25 orang. Penelitian dilakukan selama 1 bulan dimulai pertengahan bulan desember 2017 hingga pertengahan Januari 2018 dengan materi teks naratif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Pada siklus I, peneliti meminta setiap kelompok  siswa menulis cerita yang sama berdasakan gambar seri dengan cara menjodohkan gambar dengan paragrap /passage yang diberikan. Dengan pembekalan yang diberikan sebelumnya diperoleh hasil rata – rata nilai 60 yang berarti sangat baik.Pada siklus II, peneliti meminta setiap kelompok siswa menulis cerita yang berbeda tiap kelompoknya berdasarkan gambar seri  dengan cara menjodohkan gambar dengan paragrap / passage yang diberikan. Hasil rata – rata nilai yang didapat adalah 80, yang berarti kemampuan menulisnya sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh siswa, adapun hasil penelitianya adalah Pembelajaran naratif dapat meningkatkan kemampuan berbahasa siswa khususnya menulis dengan menggunakan media gambar.

Downloads

Published

2018-03-16

How to Cite

HARTATI, T. S. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS TEKS NARRATIVE MELALUI MEDIA PICTURE SERIES DI KELAS IX A SMPN 5 SUBANG. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/257