PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS III SD JATIEMEKAR

Authors

  • EIUS SUBAEKAH SD Negeri Jatiemekar

Keywords:

Snowball Throwing, hasil belajar, PTK

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah menggunakan kolaborasi model   Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang materi mengenal penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan pada siswa Kelas III SD Negeri Jatimekar, mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa Kelas III SD Negeri Jatimekar dalam pembelajaran IPS tentang materi mengenal penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan setelah digunakan kolaborasi model  Snowball Throwing, mendeskripsikan penggunaan kolaborasi model   Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas III SD Negeri Jatimekar dalam pembelajaran IPS tentang materi mengenal penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan. Metode pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan II S. Hasilnya dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas III dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan keaktifan siswa selama proses pembelajaran dan juga respon positif dari observer mengenai model pembelajaran Snowball Throwing. Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut terbukti dalam peningkatan nilai dari pre-test dan post-test baik dalam siklus I dan siklus II.

Downloads

Published

2018-03-19

How to Cite

SUBAEKAH, E. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS III SD JATIEMEKAR. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/266