MENINGKATKAN KEMAMAMPUAN SISWA MEMAHAMI KONSEP MAKHLUK HIDUP MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE MIND MAPPING

Authors

  • DEDEH NURHAYATI Guru SDN. Tunasarya Kec. Serangpanjang Kab. Subang

Keywords:

hasil belajar, pembelajaran kooperatif, Mind Mapping

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN Tunaskarya Serangpanjang dengan judul  Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Mahluk Hidup melaluiPenerapan Model Pembelajaran Kooperatife Mind Mapping. (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tunaskarya Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang,  Tahun Pelajaran 2016/2017) Judul ini diambil karena melihat hasil belajar IPA di SD yang masih belum optimal. Proses pembelajaran yang monoton, aktivitas siswa dalam pembelajaran bersifat pasif. Tujuan penelitian ini yaitu: 1)  Mengetahui aktifitas dalam proses pembelajaran IPA dalam menggunakan model Pembelajaran Kooperatife Mind Mapping, 2) Mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SDN Tunaskarya Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang dalam pelajaran IPA setelah menggunakan model Pembelajaran Kooperatife Mind Mapping. Jenis penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terbagi dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan pokok yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi proses kerja berupa penilaian aktivitas siswa,  dan tes evaluasi berupa pre tes dan pos tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajran Kooperatife Mind Mapping pada materi makhluk hidup dalam mata pelajaran IPA di kelas IV dapat meningkatkan hasil belajar sebesar 67,50 pada siklus I, siklus II menjadi 80,68,  ini berarti bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatife Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA materi konsep makhluk hidup di kelas IV SDN Tunaskarya Kec. Serangpanjang Kab. Subang.

Downloads

Published

2018-10-25

How to Cite

NURHAYATI, D. (2018). MENINGKATKAN KEMAMAMPUAN SISWA MEMAHAMI KONSEP MAKHLUK HIDUP MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE MIND MAPPING. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 1(02), 13–22. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/312