MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI LEMBAGA NEGARA REPUBLIK INDONESIA MELALUI PENERAPAN METODE MIND MAPPING

Authors

  • CUCU ROHANAH SD NEGERI TUNAS KARYA

Keywords:

Metode Mind Mapping, Lembaga Negara Republik Indonesia, Hasil Belajar.

Abstract

Dalam pembelajaran Lembaga Negara Republik Indonesia diharapkan siswa dapat memahami hak dan wewenang setiap lembaga negara yang ada di Negara Republik Indonesia. Namun seringkali siswa salah dalam mengartikan fungsi, hak dan wewenang lembaga negara tersebut. Hal itu terlihat dari hasil ulangan pada materi Lembaga Negara Republik Indonesia yang masih rendah. Siswa yang memenuhi nilai KKM sekolah 70, hanya 5 orang (22,72%) dari 22 orang siswa kelas IV dan sisanya sekitar 17 orang dinyatakan belum lulus (77,28%). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Tunas Karya semester genap tahun pelajaran 2016/2017 dalam materi Lembaga Negara Republik Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dapat dilakukan dengan menerapkan metode Mind Mapping. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar  dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil tes siklus 1 mencapai rata-rata sebesar 67,27 pada kategori cukup dan pada siklus 2 meningkat menjadi 79,32 pada kategori baik. Jadi hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 12,05.

Downloads

Published

2018-10-25

How to Cite

ROHANAH, C. (2018). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI LEMBAGA NEGARA REPUBLIK INDONESIA MELALUI PENERAPAN METODE MIND MAPPING. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 1(02), 45–56. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/315