MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI TEKS BERITA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN PENERAPAN METODE INQUIRY DISCOVERY LEARNING

Authors

  • LILIS YULIASIH SMP Negeri I Kalijati Kabupaten Subang

Keywords:

hasil belajar, pendekatan saintifik, nquiry Discovery Learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan siswa memahami Teks Berita  Bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Kaliijati melalui  pendekatan saintifik dengan penerapan Metode Inquiry Discovery Learning. Subyek penelitian terdiri dari 38 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini menggunakan Metode Inquiry discovery learning. yang terdiri dari 2 siklus terdiri dari 3 kali pertemuan, pertemuan ke 1 dan ke 2 pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan  ke 3 dilaksanakan tes formatif.. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 11,58 (15,86%) dari siklus sebelumnya. Selain itu hasil penelitian menunjukan juga adanya peningkatan rata-rata banyaknya siswa yang tuntas belajar sebesar 39,48%  dari siklus sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui  pendekatan saintifik dengan penerapan Metode Inquiry Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri I Kalijati Kabupaten Subang , pada pembelajaran Memahami Teks Berita semester ganjil tahun pelajaran 2017/ 2018.

Downloads

Published

2018-10-25

How to Cite

YULIASIH, L. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI TEKS BERITA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN PENERAPAN METODE INQUIRY DISCOVERY LEARNING. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 1(02), 57–66. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/316