MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MENGGUNAKAN METODE BAGIAN SISWA KELAS V SDN RAWABADAK KECAMATAN SUBANG KABUPATEN SUBANG

Authors

  • ODO KASMA SD Negeri Rawabadak

Keywords:

metode bagian, kualitas proses, kualitas hasil, layanan bawah dalam permainan bola voli.

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran layanan bawah dalam permainan bola voli menggunakan alat bola gantung. Penelitian dilakukan dengan menerapkan desain penelitian yang dikembangkan oleh kurt lewin, yang terdiri dari tahap-tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SDN Rawabadak Subang Kab. Subang. Pelajaran tahun 2013-2014. Proses penelitian dibagi menjadi dua siklus, dan setiap siklus adalah satu tindakan. Data dikumpulkan menggunakan instrumen observasi dan tes servis yang lebih rendah. Semua data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik persentase. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: hasil analisis data menunjukkan bahwa berdasarkan hasil yang diperoleh dari masing-masing tindakan ada kemajuan seperti pada data empiris kemajuan keterampilan layanan turun dari data awal sampai siklus kedua yaitu 51,87% data di siklus pertama menjadi 56,25% dan pada siklus kedua menjadi 62,78%

Downloads

Published

2018-10-25

How to Cite

KASMA, O. (2018). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MENGGUNAKAN METODE BAGIAN SISWA KELAS V SDN RAWABADAK KECAMATAN SUBANG KABUPATEN SUBANG. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 1(02), 67–74. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/317