MENING KATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS DUA SD NEGERI NYIMPLUNG KECAMATAN SUBANG DENGAN TEKNIK MENCONTOH TULIS TIPIS TULIS TEBAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN AJARAN 2016-2017

Authors

  • YOYOH ROKAYAH SD NEGERI NYIMPLUNG

Keywords:

keterampilan menulis, hasil belajar, mencontoh tulistipis dan tulis tebal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas dua SD Negeri Nyimplung Tahun Pelajaran 2016-2017 dengan menggunakan metode pembelajaran mencontoh tulis tipis tulis tebal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di SD Negeri Nyimplung Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, selama empat bulan. Subjek penelitian adalah siswa kelas II semester 2 SD  Negeri Nyimplung Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, yang terdiri dari 33 siswa. Objek dalam  penelitian ini adalah Bahasa Indonesia  dengan materi tulis tegak bersambung, dengan metode  pembelajaran mencontoh tulis tipis tulis tebal.Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan penerapan metode mencontoh tulis tipis tulis tebal dapat meningkatkan keterampilan belajar siswa dalam  pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi tulis tegak bersambung, dalam setiap siklus banyak perubahan yang menuju arah perbaikan. Pada prasiklus hanya 2 siswa (06 %) dari KKM yang telah ditetapkan yaitu dengan nilai 70, siklus ke satu 10 siswa atau (30%), siklus ke dua 31 siswa (94%) siswa yang telah memenuhi nilai KKM, 2 orang siswa pada siklus ke dua tidak hadir.  Melihat dari hasil nilai pra siklus, siklus satu dan dua, maka dapat dikatakan penelitian ini cukup berhasil.

Downloads

Published

2018-10-25

How to Cite

ROKAYAH, Y. (2018). MENING KATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS DUA SD NEGERI NYIMPLUNG KECAMATAN SUBANG DENGAN TEKNIK MENCONTOH TULIS TIPIS TULIS TEBAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN AJARAN 2016-2017. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 1(02), 84–94. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/319