PEMANFAATAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KONSEP PESAWAT SEDERHANA DI KELAS V SDN SALEP KEC.SUBANG KAB.SUBANG

Authors

  • IRNA INDRAYANI SDN SALEP KEC.SUBANG KAB.SUBANG

Keywords:

Pemanfaatan Alat Praga, Pesawat Sederhana

Abstract

Sejauh ini mata pelajaran IPA merupakan salah satu item mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa SD. Hasil belajar siswa dicapai pada tahun-tahun sebelumnya dibawah kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rendahnya hasil belajar siswa yang dicapai dapat disebabkan oleh motivasi siswa untuk belajar IPA kurang. Proses pembelajaran atau sarana belajar yang kurang memadai. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar IPA konsep pesawat sederhana, guru harus  menggunakan  alat peraga.Hal ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan aktivitas siswa sehingga memudahkan siswa memahami konsep IPA khususnya materi pesawat sederhana. Penelitian ini dilaksanakan dalam siklus masing-masing : Siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Pada siklus I menunjukkan peningkatan prosentasi aktivitas siswa pada pertemuan pertama perlu 40% dan pertemuan kedua 63%. Sedangkan di siklus II pertemuan perlu 63 % dan pertemuan kedua 65%. Hasil belajarpun mengalami peningkatan di siklus I ketuntasan belajar 77% sedangkan siklus II ketuntasan belajar 81%. Di samping itu tanggapan siswa juga positif terhadap pemamfaatan alat peraga siswa merasa senang dengan menggunakan alat peraga ini.Menggunakan alat praga merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Penerapan metoda pembelajara dengan menggunakan alat peraga khususnya mata pelajaran IPA didasari kenyataan pada pembelajaran IPA banyak materi pesawat sederhana .Oleh sebab itu dengan menggunakan alat peraga sangat cepat untuk mempermudah ,membantu siswa memahami materinya.Hal ini pula dapat membantu siswa dalam upaya meningkatkan prestasi dalam mata pelajaran IPA. Pelaksanaan ini dilakukan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pertama membuat : 1). Perencanaan yaitu membuat perangkat pembelajaran. 2). Pelaksanaan tindakan. 3). Observasi. 4). Refleksi. Siklus II dilaksanakan sama hanya ada sedikit perbaikan dari kekurangan siklus I.Berdasarkan penelitian tersebut maka alat peraga  dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap konsep  pesawat sederhana serta mendapatkan data perencanaan pembelajaran pesawat sederhana dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas V SDN Salep

Downloads

Published

2018-10-26

How to Cite

INDRAYANI, I. (2018). PEMANFAATAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KONSEP PESAWAT SEDERHANA DI KELAS V SDN SALEP KEC.SUBANG KAB.SUBANG. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 1(02), 95–106. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/320