PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MATERI MENYUSUN TEKS SEDERHANA TERKAIT TOPIK ALBAYAANAAT AS-SYAKHSHIYAH
Keywords:
Metode Drill, Hasil Belajar, Menyusun TeksAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas XII MIA MA Al-Istiqomah Tanjungsiang pada Mata Pelajaran Bahasa Arab materi menyusun teks sederhana terkait topik albayaanaat as-syakhshiyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII MIA Madrasah Aliyah Al-Istiqomah Tanjungsiang semester genap tahun pelajaran 2016-2017 yang berjumlah 18 peserta didik. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar dan ketuntasan belajar peserta didik yang diambil dari pemberian soal tes pada setiap akhir pertemuan dan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada setiap siklus. Dari data hasil penelitian diperoleh data bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah 78,61 dan siklus II adalah 92,50. Rata-rata ketuntasan belajar pada siklus I adalah 66,67% dan siklus II 100%. Dari data tersebut terlihat jelas bahwa dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan yang signifikan. Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII MIA MA Al-Istiqomah Tanjungsiang pada Mata Pelajaran Bahasa Arab materi menyusun teks sederhana topik albayaanaat as-syakhshiyah