UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI POKOK BAHASAN PERUBAHAN SOSIAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPE JIGSAW PADA SISWA KELAS XII. IIS 1 DI MAN 1 SUBANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Keywords:
Cooperative Learning, Jigsaw, Perubahan SosialAbstract
Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas XII. IIS 1 Madrasah Aliyah Negeri (MAN ) 1 Subang semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 dalam mata pelajaran sosiologi pokok bahasan perubahan sosial menggunakan model pembelajaran cooperative learning type jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian 38 orang siswa yang heterogen. Dari data yang dikumpulkan yaitu hasil ulangan siklus 1 dan siklus 2, lembar penilaian aktivitas siswa, angket dan refleksi bersama observer terlihat bahwa hasil belajar siswa meningkat begitupun dengan aktivitas belajarnya. Kemampuan siswa dalam mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal 80, sebelum penelitian tindakan kelas ini dilakukan, yang mencapai nilai KKM hanya 12 siswa (32%) meningkat pada siklus I menjadi 25 siswa (66%) dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 34 siswa (89%).Aktivitas belajar siswa pada siklus I menunjukan 18 Siswa berpredikat sangat aktif dan aktif (47%) meningkat lagi pada siklus II menjadi 33 siswa berpredikat sangat aktif dan aktif (87%) Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model cooperative learning type jigsaw terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa kelas XII. IIS 1 MAN 1 Subang tahun pelajaran 2017/2018 pada mata pelajaran sosiologi pokok bahasan perubahan sosial.