MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING (BELAJAR TUNTAS) DI KELAS VII MTS Al-HAJAR

Authors

  • E KOMARIAH Guru Madrasah Tsanawiyah Al Hajar Subang

Keywords:

Prestasi Belajar, Mastery Learning

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya nilai pembelajaran Aqidah Akhlak siswa Kelas VII Mts Al-Hajar, oleh karena itu dalam penelitian ini dibahas tentang upaya pencapaian ketuntasan belajar melalui tindakan remedial dengan metode pemberian tugas dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di Kelas VII Mts Al-Hajar.Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas  tindakan remidial dengan menggunakan metode pemberian tugas sebagai upaya Pencapaian ketuntasan belajar pada bidang studi Aqidah Akhlak di Kelas VII Mts Al-Hajar.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa serta lembar evaluasi belajar yang terdiri dari tes obyektif. Analisa data menggunakan rumus sederhana yaitu persentase (%).Dari hasil analisa data menunjukkan tindakan remidial dengan menggunakan metode pemberian tugas pada bidang studi Aqidah Akhlak di Kelas VII Mts Al-Hajar mencapai ketuntasan belajar siswa, Hal ini dapat dilihat dari prosentase rata-rata prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (78,00%), siklus II (85,00%), siklus III (95,00%).Simpulan dari penelitian ini adalah tindakan remidial dengan menggunakan metode pemberian tugas pada bidang studi Aqidah Akhlak di Kelas VII Mts Al-Hajar Tahun Pelajaran 2017/2018 dapat dijadikan upaya dalam mencapai ketuntasan belajar.

Downloads

Published

2018-11-23

How to Cite

KOMARIAH, E. (2018). MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING (BELAJAR TUNTAS) DI KELAS VII MTS Al-HAJAR. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 1(02), 280–295. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/350