MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING (BELAJAR TUNTAS) DI KELAS VII MTS Al-HAJAR
Keywords:
Prestasi Belajar, Mastery LearningAbstract
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya nilai pembelajaran Aqidah Akhlak siswa Kelas VII Mts Al-Hajar, oleh karena itu dalam penelitian ini dibahas tentang upaya pencapaian ketuntasan belajar melalui tindakan remedial dengan metode pemberian tugas dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di Kelas VII Mts Al-Hajar.Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas tindakan remidial dengan menggunakan metode pemberian tugas sebagai upaya Pencapaian ketuntasan belajar pada bidang studi Aqidah Akhlak di Kelas VII Mts Al-Hajar.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa serta lembar evaluasi belajar yang terdiri dari tes obyektif. Analisa data menggunakan rumus sederhana yaitu persentase (%).Dari hasil analisa data menunjukkan tindakan remidial dengan menggunakan metode pemberian tugas pada bidang studi Aqidah Akhlak di Kelas VII Mts Al-Hajar mencapai ketuntasan belajar siswa, Hal ini dapat dilihat dari prosentase rata-rata prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (78,00%), siklus II (85,00%), siklus III (95,00%).Simpulan dari penelitian ini adalah tindakan remidial dengan menggunakan metode pemberian tugas pada bidang studi Aqidah Akhlak di Kelas VII Mts Al-Hajar Tahun Pelajaran 2017/2018 dapat dijadikan upaya dalam mencapai ketuntasan belajar.