PENERAPAN METODE OUTENTIC LEARNING DAPAT MENINGKATKAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

Authors

  • DWI SULISTIANI SD Negeri Padasuka Kecamatan Subang

Keywords:

Hasil Belar Siswa, Ilmu Pengetahuan Alam, Pembelajaran Outentic Learning.

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu 1)Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Padasuka melalui Penerapan model Pembelajaran Outentic Learning 2)Mengetahui kelemahan dan kelebihan pembelajaran Outentic Learning.  Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD  Negeri Padasuka Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, yang terdiri dari 28 siswa. Objek dalam  penelitian ini adalah Perkembang biakan tumbuhan IPA Kelas III Semester I.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di SD Negeri Padasuka Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, selama Lima bulan.Melihat dari hasil nilai pra siklus, siklus satu dan dua, maka dapat dikatakan penelitian ini cukup berhasil dengan hasil data nilai yang diperoleh mulai dari pra siklus, siklus satu dan dua menunjukan kemajuan kearah yang lebih baik. Pada pra siklus hanya 5 siswa yang mencapai porsentase KKM (17 %) dari KKM yang telah ditetapkan yaitu dengan nilai 70, siklus ke satu 7 siswa atau (25%), siklus ke dua 29 siswa (100%) siswa yang telah memenuhi nilai KKM.

Downloads

Published

2018-11-29

How to Cite

SULISTIANI, D. (2018). PENERAPAN METODE OUTENTIC LEARNING DAPAT MENINGKATKAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 1(02), 23–32. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/352