PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN FIElD TRIP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS PUISI
Keywords:
Metode Pembelajaran Field Trip, Hasil Belajar Peserta DidikAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IIS MA Al-Istiqomah Tanjungsiang pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan, tiap pertemuan terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IIS MA Al-Istiqomah Tanjungsiang semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 35 peserta didik. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar dan ketuntasan belajar peserta didik yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus. Setelah mengetahui nilai peserta didik pra siklus, maka dilakukan penelitian menggunakan metode pembelajaran yaitu metode pembelajaran field trip dan diperoleh peningkatan pada setiap siklus. Dari data hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah 76,86 dan siklus II adalah 93,29. Rata-rata ketuntasan belajar pada siklus I adalah 71,43% dan siklus II 100%. Aktivitas peserta didik pada siklus I rata-rata mendapatkan kategori baik dan siklus II rata-rata mendapatkan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas guru pada siklus I rata-rata mendapatkan kategori cukup dan siklus II rata-rata mendapatkan kategori sangat baik. Dari data tersebut terlihat jelas bahwa dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan yang signifikan.Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran field trip dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IIS MA Al-Istiqomah Tanjungsiang pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi.