MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA METERI HIDUP RUKUN DALAM PERBEDAAN DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) DAN METODE SIMULASI

Authors

  • ADE SUHAYATI SD Negeri Lamaransari Kec. Compreng Kab. Subang

Keywords:

Hasil Belajar, Metode Simulasi, Model Pembelajaran VCT

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn tentang hidup rukun dalam perbedaan melalui Penerapan Model Pembelajaran VCT (Value Clarifikation Technique) siswa kelas I SD Negeri Lamaransari semester I. Adapun metode yang digunakan adalah metode simulasi yang akan diterapkan dalam dua siklus dan setiap siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Jurnal penelitian ini diharapkan akan bermanfaat bagi sekolah yaitu meningkatkan hasil belajar PKn, dan bagi siswa adalah meningkatkan hasil belajar tentang hidup hidup rukun dalam perbedaan dengan menggunakan Model Pembelajaran VCT (Value Clarifikation Technique), bagi guru menjadi masukan bahwa dalam mengajarkan PKn harus menggunakan metode yang sesuai.  Hasil penelitian ini menunjukkan keberhasilan prestasi yaitu pada kondisi awal sebelum pelaksanaan tindakan menunjukan hasil 42,86% pada siklus I = 64,23% dan siklus II = 92,86%. Simpulan yang diperoleh setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas adalah penggunaan Model Pembelajaran VCT (Value Clarifikation Technique)  dapat meningkatkan hasil pembelajaran PKn khususnya pada materi hidup rukun dalam perbedaan.

Downloads

Published

2019-03-08

How to Cite

SUHAYATI, A. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA METERI HIDUP RUKUN DALAM PERBEDAAN DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) DAN METODE SIMULASI. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 1(02), 1–15. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/382