MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIRS SHARE)

Authors

  • SUHENDA SUHENDA SDN. Sarangsari Kec. Serangpanjang

Keywords:

hasil belajar, pembelajaran, cooperative lerning, think pairs shere

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Menghargai Keputusan Bersama melalui penerapan  Tipe Think Pairs and Shere  dengan Model Pembelajaran Cooperative  Learning pada siswa kelas V  SD Negeri  Sarangsari Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Subyek penelitian terdiri dari 26  orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 jam pelajaran , pada 2 jam pelajaran awal pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan jam ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 69,42 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 82,69. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 13,27 ( 19,12% ). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan  Tipe Think Pairs and Shere  dengan Model Pembelajaran Cooperative  Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Sarangsari Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 pada materi Menghargai Keputusan Bersama.

Downloads

Published

2019-03-27

How to Cite

SUHENDA, S. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA MELALUI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIRS SHARE). JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 2(01), 29–37. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/444