MENINGKATKAN KEMAMAMPUAN SISWA MENGENAL PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran Mind MappingAbstract
Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di SDN Sarangsari belum optimal. Hal ini disebabkan proses pembelajaran yang monoton dan aktivitas siswa dalam pembelajaran bersifat pasif. Jika hal ini dibiarkan, dikhawatirkan tujuan pembelajaran IPS tidak tercapai. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping di SD Negeri Sarangsari Serangpanjang Kabupaten Subang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan Model Mind Mapping di SD Negeri Sarangsari Serangpanjang Kabupaten Subang. Indikator keberhasilan dari penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatnya hasil belajar peserta didik dalam setiap siklusnya. Model PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Stephen Kemmis dan Robin Mc. Taggart. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dengan dua pertemuan pada tiap siklusnya. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Sarangsari Serangpanjang Kabupaten Subang pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya Model Mind Mapping pada pokok bahasan Mengenal Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi dalam mata pelajaran IPS di kelas IV dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi yang menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS. Juga hasil belajar siswa meningkat dilihat dari jumlah siswa yang tuntas sebanyak 11 orang dari 20 siswa (55,00%) dengan nilai rata-rata kelas mencapai 67,50 pada siklus I, dan siswa yang tuntas sebanyak 18 orang dari 20 siswa (90,00%) dengan nilai rata-rata kelas menjadi 82,50 pada siklus II. Dengan demikian menunjukkan bahwa penerapan Model Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.