MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI BERDIRINYA NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE STAD

Authors

  • MIMIN KARTINI SDN. Mekarsari Kec. Serangpanjang

Keywords:

hasil belajar, pembelajaran kooperatif, Type STAD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Berdirinya Negara RI melalui penerapan  Model  Pembelajaran Kooperative Learning Type STAD pada siswa kelas V  SD Negeri  Mekarsari Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Subyek penelitian terdiri dari 18 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 pertemuan , pada 2 pertemuan awal pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 68,33 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 82,22. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 13,89 (20,33%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan Model  Pembelajaran Kooperative Learning Type STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Mekarsari Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 pada materi Berdirinya Negara RI.

Downloads

Published

2019-03-28

How to Cite

KARTINI, M. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI BERDIRINYA NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE STAD. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 2(01), 132–140. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/459