MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT

Authors

  • EMPAY KOMALAWATI SD Negeri Tunas Mulya Kecamatan Sagalaherang

Keywords:

Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Numbered Heads Together

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Operasi Hitung Bilangan Bulat melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together  ( NHT )  pada siswa kelas IV  SD Negeri  Tunas Mulya Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Subyek penelitian terdiri dari 34 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 pertemuan  , pada 2  pertemuan awal pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 67,65 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 83,24. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 15,69 ( 23,19% ). Dengan demikian pembelajaran Matematika  dengan Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together  ( NHT ) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2019-03-28

How to Cite

KOMALAWATI, E. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 2(01), 151–159. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/461