MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENGENAL SISTEM PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE JIGSAW

Authors

  • DEDEH KURNIASIH SD Negeri Arjasari Kec. Serangpanjang

Keywords:

Pembelajaran PKn di SD, Kemampuan Siswa, Model Cooperative Learning Type Jigsaw

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN Arjasari  karena melihat hasil belajar PKn di SDN Arjasari  yang belum optimal. Proses pembelajaran yang monoton, perolehan hasil belajar siswa masih rendah,dan aktivitas siswa dalam pembelajaran bersifat pasif. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui motivasi siswa kelas IV SDN Arjasari    Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang selama  pembelajaran PKn pada materi pokok Mengenal Sistem Pemerintahan Tingkat Tingkat Pusat menggunakan Model Cooperative Learning Type Jigsaw , 2) Mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SDN Arjasari  Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang pada pokok Mengenal Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat setelah menggunakan Model Cooperative Learning Type Jigsaw.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya Model Cooperative Learning Type Jigsaw pada materi pokok Mengenal Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat dalam mata pelajaran PKn di kelas IV menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 68,13 pada siklus I dan sebesar 82,29 pada siklus II. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 14,16 ( 20,78% ). Kesimpulan penelitian ini bahwa penggunaan Model Cooperative Learning Type Jigsaw dapat meningkatkan hasil dan aktivitas Tingkat  belajar pada pembelajaran PKn materi pokok Mengenal Sistem Pemerintahan  Pusat di kelas IV SDN Arjasari Kecamatan Sarangpanjang.

Downloads

Published

2019-03-28

How to Cite

KURNIASIH, D. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENGENAL SISTEM PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE JIGSAW. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 2(01), 160–169. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/462