MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA AKU ANAK SOLEH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW
Keywords:
hasil belajar, Model Cooperative Learning Type JigsawAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Mengenal Asmaul Husna melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperative Type Jigsaw pada siswa kelas IV SD Negeri Cijengkol Kecamatan Sarangpanjang Kabupaten Subang semester Genap tahun pelajaran 2017/2018. Subyek penelitian terdiri dari 23 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan , pada 2 pertemuan pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 68,70 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 80,87. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 12,17 ( 17,71% ). Dengan demikian pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan Model Pembelajaran Kooperative Type Jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.