MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI SIKAP TERHADAP GLOBALISASI DI LINGKUNGANYA MELALUI PENERAPAN METODE DISKUDI KELOMPOK
Keywords:
hasil belajar, metode dikusi, Pendidikan KewarganegaraanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Memahami Kebebasan Berorganisasi melalui penerapan Metode Diskusi pada siswa kelas IV SD Negeri Curug Sarinabakti Kecamatan Sesangpanjang Kabupaten Subang semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Subyek penelitian terdiri dari 15 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan , pada 2 pertemuan pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 68,50 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 81,75. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 13,25 ( 19,34% ). Dengan demikian pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Metode Diskusi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.