MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PEMERINTAH DESA DAN PEMERINTAH KECAMATAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW
Keywords:
Pembelajaran PKn, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe JigsawAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui motivasi siswa kelas IV SDN Panaruban Sagalaherang Kabupaten Subang selama pembelajaran PKn pada materi pokok Sistem Pemerintahan Desa dan Pemerintahan Kecamatan menggunakan media pembelajaran lingkungan dan mengetahui hasil belajar siswa kelas IV SDN Panaruban Sagalaherang Kabupaten Subang pada pokok Sistem Pemerintahan Desa dan Pemerintahan Kecamatan setelah menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada materi pokok Sistem Pemerintahan Desa dan Pemerintahan Kecamatan dalam mata pelajaran PKn di kelas IV menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 68,13 pada siklus I dan sebesar 79,63 pada siklus II. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 11,85 ( 17,48% ). Kesimpulan penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar pada pembelajaran PKn materi pokok Sistem Pemerintahan Desa dan Pemerintahan Kecamatan di kelas IV SDN Panaruban Kecamatan Sagalaherang.