MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA MELAUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIRS SHARE)
Keywords:
hasil belajar, pembelajaran, kooperatif tipe TPS, cooperative lerningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Menghargai Keputusan Bersama melalui penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS pada siswa kelas V SD Negeri Pasirluhur Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Subyek penelitian terdiri dari 18 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 jam pelajaran , pada 2 jam pelajaran awal pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan jam ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 68,33 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 80,56. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 12,23 ( 17,90% ). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Pasirluhur Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 pada materi Menghargai Keputusan Bersama.