MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA MATERI POKOK STRUKTUR BAGIAN TUMBUHAN DENGAN FUNGSINYA
Keywords:
hasil belajar, pembelajaran kooperatif, Student Teams-Achievement Division (STAD)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Struktur Bagian Tumbuhan melalui penerapan. Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) pada siswa kelas IV SD Negeri Sagalaherang V Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Subyek penelitian terdiri dari 15 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 pertemuan , pada 2 pertemuan awal pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 68,67 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 80,67. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 12,00 ( 17,47% ). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sagalaherang V Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 pada materi Struktur Bagian Tumbuhan.