MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI BERBAGAI KERAGAMAN SUKU DI INDONESIA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING
Keywords:
Mind Mapping, Kemampuan Siswa, Keragaman Suku, PPKnAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi keragaman suku bangsa melalui penerapan metode pembelajaran mind mapping di kelas V SD Negeri Sagalaherang VI semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilakukan dengan menerapkan metode pembelajaran mind mapping dalam memahami materi keragaman suku bangsa. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan nilai hasil post test dari siklus 1 ke siklus 2. Nilai post test siklus 1 mencapai rata-rata 68,86 pada kategori cukup dengan persentase kelulusan 54,55% dan pada siklus 2 nilai post test siswa meningkat menjadi 84,77 pada kategori baik dengan tingkat persentase kelulusan 90,09%. Jadi prestasi belajar mengalami peningkatan sebesar 15,91.