MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PROSES PERUMUSAN PANCASILA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD
Keywords:
Hasil belajar, Model kooperatif tipe STADAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Proses Perumusan Pancasila melalui penerapan Model Kooperatif Tipe Student Teames- Achievement Division (STAD) pada siswa kelas VI SD Negeri Megamendung Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Subyek penelitian terdiri dari 11 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan , pada 2 kali pertemuan awal pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 69,09 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 80,91. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 11,82 (17,11%. ) Dengan demikian pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan penerapan Model Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.