PENERAPAN METODE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN NUN SUKUN ATAU TANWIN BERTEMU HURUF HIJAIYAH KELAS IV

Authors

  • Komariah Komariah Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Purwadadi Subang

Keywords:

card sort, nun sukun atau tanwin, membaca Alquran

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, menyajikan unsur-unsur dalam penelitian yang meliputi permasalahan, tujuan prosedur pelaksanaan penelitian, hasil dan pembahasan, sampai dengan kesimpulan dan saran. Sebagai ilustrasi dari MI Nurul Huda Purwadadi Kabupaten Subang, laporan penelitian ini adalah bermula dari munculnya permasalahan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist, siswa belum memahami penerapan membaca Alquran dengan ilmu tajwid, makhroj dan tanafusnya, sehingga 5 orang siswa dari 25 jumlah siswa belum mencapai target nilai ketuntasan minimal 65 yang telah ditetapkan. Tujuan dilaksanakannya PTK ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan penerapan metode card sort pada pokok bahasan nun sukun atau tanwin bertemu huruf hijaiyah di kelas IV MI Nurul Huda Purwadadi Kabupaten Subang. Proses pelaksanaan penelitian pola PTK melalui tiga tahapan, melingkupi prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap kegiatan pembelajaran terdiri atas: perencanaan, pengamatan, evaluasi dan refleksi. Hasil dari pelaksanaan penelitian, 92% siswa telah mencapai target nilai ketuntasan, hal ini membuktikan bahwa penerapan metode card sort , dapat meningkatkan prestasi siswa kelas IV MI Nurul Huda Purwadadi Kabupaten Subang, pada pokok bahasan nun sukun atau tanwin bertemu huruf hijaiyah sesuai dengan tujuan yang direncanakan.

Downloads

Published

2019-11-09

How to Cite

Komariah, K. (2019). PENERAPAN METODE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN NUN SUKUN ATAU TANWIN BERTEMU HURUF HIJAIYAH KELAS IV. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 2(2), 551–564. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/575