UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH POKOK BAHASAN HUKUM TAKLIFI DAN WADH’I MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPE JIGSAW PADA SISWA KELAS XII IPA 1 DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) SUBANG SEMESTER GENAP TA
Keywords:
Cooperative Learning, Type Jigsaw, Hukum Taklifi, Hukum Wadh’iAbstract
Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII. IPA 1 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Subang semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dalam mata pelajaran fiqih pokok bahasan hukum taklifi dan wadh’i menggunakan model pembelajaran cooperative learning type jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian 34 orang siswa yang heterogen. Dari data yang dikumpulkan yaitu hasil rata-rata ulangan siklus 1 dan siklus 2, lembar observasi, dan refleksi bersama observer terlihat bahwa prestasi belajar siswa meningkat. Kemampuan siswa dalam mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal 75, sebelum penelitian tindakan kelas ini dilakukan, yang mencapai nilai KKM hanya 10 siswa (29%) meningkat pada siklus I menjadi 24 siswa (71%) dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 34 siswa (100%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model cooperative learning type jigsaw terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII. IPA 1 Madrasah Aliyah Negeri Subang tahun pelajaran 2015/2016 pada mata pelajaran fiqih pokok bahasan hukum taklifi dan wadh’i.