PENGGUNAAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS I SD NEGERI SARIREJA 1 KECAMATAN JALANCAGAK KABUPATEN SUBANG
Keywords:
Metode Bercerita, Hasil Belajar Peserta DidikAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik, yaitu Tema 5 “Pengalamanku” sub Tema 1 “ Pengalaman Masa Kecil” dan subtema 2 “pengalaman bersama teman” dalam pembelajaran dengan menggunakan metode bercerita. Adapun tujuan khusus dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui aktivitas guru menggunakan metode bercerita untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 1 SDN Sarireja 1 Jalancagak Subang, (2) untuk mengetahui aktivitas peserta didik kelas 1 SDN Sarireja 1 Jalancagak Subang dalam kegiatan belajar dengan menggunakan metode bercerita, (3) apakah penggunaan metode bercerita dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 1 SDN Sarireja 1 Jalancagak Subang. Subjek penelitian yang dijadikan sumber untuk memperoleh data adalah peserta didik kelas 1 SDN Sarireja tahun pelajaran 2019-2020 sebanyak 38 peserta, yang terdiri dari 20 peserta didik perempuan dan 18 peserta didik laki-laki. Penelitian bersifat penelitian tindakan kelas (PTK), terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan/observasi dan refleksi. Dari hasil pengamatan dan analisis diperoleh kesimpulan bahwa: 1) aktivitas guru menggunakan metode bercerita untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 1 SDN Sarireja 1 Jalancagak Subang, pada tema pengalamanku, menunjukkan hasil yang baik sampai dengan sangat baik, (2) kreativitas peserta didik kelas 1 SDN Sarireja 1 Jalancagak Subang dalam kegiatan belajar dengan menggunakan metode bercerita pada tema pengalamanku, menunjukkan perkembangan dari kualifikasi baik menjadi sangat baik, (3) penggunaan metode bercerita dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 1 SDN Sarireja 1 Jalancagak Subang pada tema pengalamanku, baik dalam aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik.