MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING) DI KELAS 1 SDN GANDASARI JALANCAGAK SUBANG PADA TEMA 5 PENGALAMANKU SUBTEMA PENGALAMAN BERKESAN

Authors

  • Dede Suarsih SDN Gandasari Kecamatan Jalancagak Kabupaten Subang

Keywords:

Pembelajaran Aktif, Kualitas Pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam pembelajaran tematik, yaitu Tema 5 “Pengalamanku” sub Tema 4 “ Pengalaman Berkesan” dengan penerapan pembelajaran aktif. Adapun tujuan khusus dari penelitian ini adalah: (1) untuk memperoleh gambaran tentang aktivitas peserta didik  dengan diterapkannya pembelajaran aktif, (2) untuk mengetahui gambaran aktivitas guru  menerapkan pembelajaran aktif, dan (3) untuk mengetahui kualitas pembelajaran di kelas 1 SDN Gandasari dengan diterapkannya  pembelajaran aktif. Subjek penelitian yang dijadikan sumber untuk memperoleh data adalah peserta didik kelas 1 SDN Gandasari  tahun pelajaran 2018-2019 sebanyak  25 peserta, yang terdiri dari 11 peserta didik perempuan dan 14 peserta didik laki-laki. Penelitian bersifat penelitian tindakan kelas (PTK), terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan/observasi dan refleksi. Dari hasil pengamatan dan analisis diperoleh kesimpulan bahwa: (1) aktivitas peserta didik di kelas 1 SDN Gandasari Jalancagak Subang dalam mengikuti pembelajaran aktif, menunjukkan peningkatan pada siklus pertama ke siklus kedua, (2) aktivitas guru  menerapkan pembelajaran aktif, menunjukkan kualifikasi yang sangat baik. Pada aktivitas perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, (3) kualitas pembelajaran di kelas menunjukkan hasil yang baik.

Downloads

Published

2020-03-30

How to Cite

Suarsih, D. . (2020). MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING) DI KELAS 1 SDN GANDASARI JALANCAGAK SUBANG PADA TEMA 5 PENGALAMANKU SUBTEMA PENGALAMAN BERKESAN. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 3(1), 119–128. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/732