MENGATASI PERMASALAHAN BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK PENGELASAN MELALUI KONSELING EKLEKTIF DENGAN PERILAKU ATTENDING
Keywords:
Perilaku Attending, Konseling EklektifAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik konseling Eklektif dengan pendekatan attending dalam peningkatan semangat belajar, tanggung jawab siswa sebagai pelajar, mengentaskan permasalahan belajar siswa, serta meningkatkan kemampuan guru untuk membimbing siswa. Teknik Konseling Eklektif merupakan penggabungan dua pendekatan Direktif dan Non-Direktif. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model Sprandley. Dalam penelitian tindakan kelas siklus I, II, dan III yang dipergunakan peneliti dan guru untuk mengambil keputusan. Maka dari hasil analisis data; Hasil Observasi Kegiatan Guru dan Data Hasil Observasi Kepribadian Klien pada situs I, II, dan III diperoleh hasil 30,83 presikat kurang sekali, siklus II = 41,66 predikat kurang dan pada siklus III = 61,66 predikat sedang/cukup baik. Bimbingan Konseling terhadap siswa A, yang bermasalah tidak berhenti pada siklus III, tetapi masih berkelanjutan melalui upaya attending konselor selaku guru, juga peneliti sekaligus sebagai kepala sekolah memantau terus perkembangan tingkah laku klien agar klien lebih mantap untuk bertindak positif.